Rabu, 25 Mei 2011

"Mengenal Tenis Meja"

Organisasi tenis meja dunia, yaitu International Table Tennis Federation (ITTF) didirikan pada 15 Januari 1926 atas prakarsa George Lehnman (Jerman). Adapun organisasi tenis meja Indonesia adalah Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI) yang berdiri tahun 1939. Pada tahun 1958, PPPSI berubah menjadi PTMSI yaitu Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia. 
Pada permainan tenis meja terdapat beberapa jenis pukulan yang harus dikuasai oleh setiap pemain tenis meja, di antaranya pukulan servis, drive, dan drop shot.
1. Servis: Pukulan bola pertama yang dilakukan dengan cara memantulkan bola terlebih dahulu ke meja server, kemudian melewati net, yang akhirnya memantul ke meja lawan.
2.Drive  : Jenis pukulan yang paling kecil tenaga gerakannya. Pukulan ini merupakan dasar dari berbagai jenis pukulan serangan. Pukulan drive  dilakukan dengan cara mengerakkan bet dari bawah serong ke atas dengan sikap/posisi bet tertutup.
3.Drop Shot: Jenis pukulan yang dilakukan dengan cara menempatkan bola sedekat mungkin dengan net di daerah permainan lawan. Drop Shot yang efektif ialah dengan menggunakan tenaga yang sangat sedikit. Drop shot  dapat juga digunakan untuk mengembalikan bola hasil servis lawan yang kuat di dekat pinggir net daerah permainan lawan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar