Rabu, 25 Mei 2011

"Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak" (Bagian II)

Sebelumnya sudah Saya beritahukan 9 kesalahan dalam mendidik anak. Nah, sekarang kita lanjutkan pembahasan mengenai beberapa kesalahan lain dalam mendidik anak, yaitu:
1. Hanya memperhatikan aspek penampilan saja. Padahal, orang tua seyogianya juga menumbuhkan jiwa keagamaan yang benar dan akhlak yang mulia pada diri anak-anak.
2. Terlalu berlebihan dalam berprasangka baik terhadap anak-anak dan terlalu membela anak-anaknya. Orang tua seperti ini tidak pernah memeriksa keadaan anak-anaknya.
3. Terlalu buruk sangka terhadap anak-anak. Ada sebagian orang tua yang berburuk sangka terhadap anak-anaknya, bahkan ia amat berlebihan dalam hal itu sampai keluar dari batas kewajaran.
4.Membeda-bedakan (tidak berlaku adil) di antara mereka. Anda dapati sebagian orang tua ada yang membeda-bedakan di antara anak-anaknya, baik berupa materi maupun spiritual.
5.Tidak segera menikahkan anak-anaknya. Padahal mereka sangat membutuhkan dan mempunyai kemampuan. Hal ini dapat menyebabkan anak-anak  menyeleweng dan menyimpang dari jalan yang lurus.
6.Menunda untuk menikahkan anak-anak perempuannya dan membisniskan mereka. sebagian orang tua ada juga yang membisniskan anak perempuannya dengan cara menunggu laki-laki yang bersedia menikahi anak perempuannya dengan maskawin yang sangat mahal.
7.Menikahkan anak-anak perempuan dengan laki-laki yang tidak sekufu (sepadan).
8. Selalu marah-marah terahdap anak-anaknya, terutama kepada anak perempuan. Anak laki-laki dan perempuan sama saja, karena keduanya adalah takdir Allah.
9. Menamai anak-anak mereka dengan nama yang kurang baik.
Demikianlah bentuk-bentuk kesalahan dalam mendidik anak, ke depannya diharapkan dapat dihindari dalam rumah tangga agar tercipta rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan waramah. Amin. Insya Allah.


Sumber: Buku "Kesalahan Mendidik Anak: Bagaimana Terapinya" karya Muhammad Al-Hamd. Penerbit: Gema Insani (2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar