Rabu, 25 Mei 2011

"Beberapa Kesalahan dalam Mendidik Anak"

Kesalahan dalam mendidik anak itu banyak bentuk dan variasinya, di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Menumbuhkan pada diri anak rasa kecil hati, takut, gelisah, dan keluh kesah.Cth: menakut-nakutin dengan hantu, penculik,setan, petir, guru, dokter, bahkan ketika ia menangis karena jatuh. Padahal semestinya orang tua harus berusaha tersenyum, menenangkan, dan memberi pengertian.
2. Mendidik anak berbicara tanpa dipikir masak-masak terlebih dahulu alasannya adalah agar anak menjadi pemberani. Metode yang tepat adalah pertengahan.
3. Mendidik anak dengan dimanja dan hidup tanpa aturan, membiasakan anak hidup mewah, congkak, royal, dan bersuka ria. Yang harus dilakukan adalah mendidik anak agar mempunyai kepedulian terhadap orang lain agar tidak mementingkan dirinya sendiri.
4."Membuka rangan" untuk anak-anak, bahkan memberikan kepada mereka segala apa yang diinginkan, tanpa dapat menolak sedikit pun. Hal ini mungkin sekali menyebabkan anak menjadi tidak bisa membelanjakan uangnya.
5.Sebagai contoh ialah memberikan kepada mereka sesuai yang diinginkan manakala mereka menangis. Pendidikan semacam ini merupakan kerusakan di satu segi karena dapat menyebabkan anak itu nakal dan lemah.
6. Membelikan mobil kepada anak-anak padahal mereka masih kecil. Hal dini seperti ini dapat menyebabkan si anak sulit dikendalikan apalagi dibimbing, misalnya: anak sering keluar rumah.
7. Terlalu bersikap keras dan kasar dari yang sewajarnya, misalnya: menegur dengan keras  ketika melakukan kesalahan kecil, memukul anaknya ketika melakukan kesalahan meskipun untuk pertama sekalipun, dll.
8.Terlalu bersikap kikir kepada anak-anak. sebagian orang tua ada yang amat kikir terhadap anak-anak nya melebihi dari seajarnya, yang menyebabkan mereka selalu merasa kurang dan butuh.
9. Anak-anak mereka sama sekali tidak mendapatkan kasih sayang dan belas kasihan dari orang tua. (To be continue) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar